Senin, 27 Agustus 2012

Sekilas Tentang Republik Bolivia

Assalamualaikum salam Blogger , kali ini saya ingin memberi ulasan tentang Republik Bolivia . Republik Bolivia adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di barat. Diantara negara-negara di Amerika Selatan , wilayah Bolivia merupakan yang tertinggi dan terpencil. Negara ini adalah salah satu penghasil koka dan Timah terbesar di dunia. Negara Bolivia didirikan dengan nama "Republica Bolivar" untuk menghormati pendirinya Simon Bolivar . Luas Bolivia sekitar 1.098.581 km persegi. ini berarti Bolivia adalah negara terbesar ke-28 setelah Ethiopia . Ukurannya sama seperti Mauritania.
Bolivia adalah negara pedalaman , yang berarti setiap perbatasan Bolivia adalah perbatasan dengan negara lain, sehingga tak memiliki laut. Dulu memiliki pesisir di Samudera Pasifik , namun hilang pada 1979 akibat perang pasifik . Bagian barat Bolivia ada di jajaran pegunungan Andes . Pegunungan tertinggi di Bolivia disebut Nevado El Sajama dan disitulah kota Oruro . Meski bagian negeri amat tinggi dengan adanya pegunungan , ada pula bagian Bolivia yang amat datar , dan bagian negeri yang hampir mendekati permukaan laut. Ada pula sedikit bagian Bolivia yang ditutupi oleh hutan hujan amazon , dan danau besar yang merupakan danau tertinggi di dunia , yang disebut danau Titicaca. Kota-kota utama adalah La Paz, Santa Cruz de la Sierra dan Cochabamba. Negara ini juga mempunyai padang garam terluas di dunia yaitu Salar de Uyuni tempat ini merupakan bakas danau purba Michin sekitar 40.000 tahun lalu.
Bolivia tetap menjadi negara termiskin di Amerika Selatan setelah Guyana . Ini telah dikaitkan dengan tingginya korupsi dan peran imperialisme kekuatan asing di negeri itu sejak koloniasasi. Negeri ini kaya akan sumber daya alam , dan dijuluki " Kedelai yang duduk di atas tambang emas " (Fantastic) karena hal itu. Lepas dari pertambangannya yang terkenal , yang diketemukan oleh bangsa Inka dan kemudian dieksploitasi oleh bangsa Spanyol , Bolivia memiliki ladang gas alam terbesar ke-2 di Amerika Selatan setelah Venezuela . Lebih lanjut , El Mutun di Santa Cruz mewakili 70% besi dan magnesium dunia.
Jumlah penduduk Bolivia sebanyak 10.118.683 data dari World Factbook CIA 2011 . Penyebaran etnis Bolivia diperkirakan 30% Amerindian penutur Quechua dan 25% Amerindian penutur Aymara . Jumlah terbanyak dari 3 lusin etnik penduduk asli adalah Quechua (2,5 juta) , Aymara (2 juta), kemudian Chiquitano (180.000), dan Guarani (125.000) . 30% sisanya adalah Mestizo (campuran Eropa dan Amerindian) , dan sekitar 15% diklasifikasikan sebagai kulit putih .
Bolivia adalah salah satu negara yang kurang berkembang di Amerika Selatan . Hampir dua pertiga penduduknya , sebagian besar petani subsisten. La Paz adalah ibu kota tertinggi di dunia pada 3.600 m (11.800 kaki) di atas permukaan laut. Kota yang berdekatan adalah El Alto , pada 4.200 m (13.800 kaki dari permukaan laut , merupakan salah satu yang paling cepat berkembang di Belahan Barat . Santa Cruz , pusat perdagangan dan industri di dataran rendah bagian timur , juga sedang mengalami pertambahan penduduk dan perkembangan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar