Minggu, 26 Agustus 2012

Sekilas Tentang Myanmar

 Assalamualaikum salam Blogger , selamat siang sob setelah tadi pagi saya memposting Artikel yang berjudul Sekilas Tentang Afrika Selatan saya kembali akan Posting artikel yang sama akan tetapi kali ini saya akan mengilas tentang negara Myanmar.
Myanmar yang memiliki nama asli Uni Myanmar adalah sebuah negara yang kaya akan etnis , terutama etnis Myanmar dengan jumlah penduduk mencapai 65% dari 53 juta penduduk (sensus tahun 2004) . 80% penduduk di seluruh negri menganut agama Budha dan sekitar 8% sisa penduduknya menganut islam . 
Ibu kota Myanmar adalah Yangon dan merupakan pusat politik , ekonomi serta kebudayaan negara . Luas wilayah Myanmar kurang lebih 676.552 kilometer persegi., dengan begitu luasnya hampir mencapai 1 setengah kali dari Pulau Sumatera (Indonesia). Di sebelah barat dan barat laut berbatasan dengan Bangladesh dan India. Di sebelah utara dan timur laut berbatsan dengan China dan Laos dan di sebelah timur berbatasan langsung dengan Thailand.
Selain diperkaya dengan kehadiran 135 etnis unik , kehadiran Pagoda Besar Yangoon di Myanmar juga sempat menjadi sorotan para wisatawan manca negara . Bangunan ini menarik perhatian banyak orang karena selain umurnya yang telah mencapai 2.500 tahun , berketinggian lebih dari 100 meter , serta atapnya bertahtakan 4.300 lebih batu permata. Seluruh bangunan Pagoda juga dilapisi kepingan emas sebanyak 20.516 buah , sehingga menjadi tampak menarik dan memancarkan cahaya keemas-emasan . Dengan keberadaan Pagoda Besar Yangoon inilah , masyarakat secara tak langsung dapat memprediksikan bahwa agama Budha telah masuk ke Myanmar sekitar 2.500 tahun silam . Maka dari itu , Negeri ini dijuluki Negeri Budha dan Negeri Pagoda Budha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar