Minggu, 26 Agustus 2012

Sekilas Tentang Afrika Selatan

Assalamualaikum , Salam Blogger pada postingan kali ini saya ingin memberikan sekilas ulasan tentang afrika selatan . Republik Afrika Selatan atau Uni Afrika Selatan adalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Bertetangga dengan namibia , Bostwana , Zimbabwe di utara , Mozambik dan Swaziland di Timur Laut .
Pada Masa , Pemerintahan negara ini dikecam karena politik apartheidnya , tapi kini Afrika Selatan telah menjadi demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika. Afrika Selatan merupakan negara yang memiliki ragam bangsa dengan khazanah 11 bahasa resmi . Negara ini terkenal sebagai produsen berlian, emas, dan platinum yang utama di dunia.
Islam masuk ke daerah ini sejak tahun 1658 ketika VOC mendatangkan kaum mardyker , budak jajahan bangsa portugis, dari kepulauan Maluku untuk mengamankan mereka dari serangan penduduk setempat , selain dipekerjakan sebagai buruh kerja paksa.
Kemudian pada tahun 1667 , datang buangan politik pengikut tarekat Qaidiriyah dari Sumatera , yang kemudian membuat komunitas di Costantia, kota di pinggir Cape Town yang kala itu masih hutan.
Kedatangan Islam di Arika Selatan tak lepas dari peran Syekh Yusuf al-Makassari yang di asingkan ke negeri itu . Ulama bangsawan Makassar yang masih memiliki pertalian kerabat dengan kerajaan Banten , Gowa dan Bone ini mulai menyebarkan Islam secara sembunyi-sembunyi di nperkebunan Zandvliet, daerah Stellenbosch dekat Eersterivier. Ia dikucilkan di tempat itu karena penguasa khawatir para budak akan mengikuti dakwahnya.
Meski begitu , Islam tumbuh subur di sana selama empat tahun Syekh Yusuf menetap hingga wafat. Ia pun dijuluki Bapak Agama Islam Afrika Selatan (Subhanallah) . Dan makamnya yang terletak di Macassar Faure masih dihormati dan dijaga kebersihannya hingga kini . Afrika Selatan memiliki sekitar 600.000 Muslim atau 2% dari 40 juta penduduk .
Ya semoga Ulasan ini bermanfaat bagi anda .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar