Senin, 27 Agustus 2012

Sekilas Tentang Negara Muda Bosnia-Herzegovina

Assalamualaikum salam Blogger selamat pagi menjelang siang , pada kesempatan kali ini saya kembali ingin memberi sebuah artikel mengenai negara , akan tetapi kali ini saya ingin mengulas tentang negara muda Bosnia-Herzegovina . Yaps di bawah ini sedikit ulasan mengenai negara ini .
Bosnia-Herzegovina adalah sebuah negara di semenanjung Balkan di selatan Eropa seluas 51.129 km persegi dengan jumlah sekitar empat juta penduduk . Pedalaman negara ini penuh dengan pegunungan dan sungai yang kebanyakan tidak bisa ditempuh. Ibu Kota yang sekaligus kota terbesarnya adalah Sarajevo . Negara ini didiami oleh tiga kelompok etnik utama: Bosnia, Serbia dan Kroasia .
Warga Bosnia secara umum dikenali sebagai Bosnias dalam bahasa inggris tanpa memandang bangsa mereka. Pemerintahan negara ini dilakukan secara terpencar dan negara Bosnia terdiri dari persekutuan dua wilayah uatama , yaitu , Federasi Bosnia dan Herzegovina dan Republik Srpska.
Dibatasi oleh Kroasia di utara, barat dan selatan , Serbia di Timur , dan Montenegro di selatan , Bosnia-Herzegovina adalah negara yang dikelilingi oleh daratan kecuali pesisir pantai laut Adriatik yang berpusat di kota Neum .
Bosnia-Herzegovina merupakan sebuah wilayah perbatasan antara kebudayaan Barat dan Timur . Pada abad pertengahan , wilyah ini menjadi ajang pertikaian dan perebutan pengaruh antara Romawi Barat yang katolik dan Romawi Timur yang Ortodoks. Kondisi ini sebenarnya terus berlanjut hingga zaman modern, khususnya pada era Yugoslavia pimpinan Presiden Josip Broz Tito.
Pada tahun 191 Yugoslavia akhirnya terpecah-belah setelah runtuhnya rezim-rezim Komunis di Eropa Timur . Mengikuti contoh Kroasia dan Slovenia , pada Maret 1992 Bosnia-Herzegovina menyatakan kemerdekaannya melalui referendum yang diikuti masyarakat Muslim dan Kroasia Bosnia . Hal ini ditentang oleh penduduk Serbia yang menguasai seluruh wilayah eks Yugoslavia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar