Senin, 02 Juli 2012

Tips Menghafal Secara Efektif dan Efisien

Mungkin semua orangtua menginginkan anaknya dapat menghafal dengan cepat , Akan tetapi tidak tahu bagaimana cara agar si buah hati dapat menghafal dengan cepat. Nah di postingan kali ini saya akan memberi Tips bagaimana si Anak dapat menghafal secara efektif dan efisien , di bawah ini adalah beberapa Tips agar si kecil dapat menghafal secara efektif dan efisien :
  1. Learning by doing. Teladan itu lebih baik daripada seribu nasehat . Misalnya , ketika akan makan , maka orangtua mengajak berdo'a dengan bersuara , agar si anak menyimak dan lama-lama hafal . Begitu juga aktivitas lainnya, seperti akan tidur , pergi sekolah, dan lain sebagainya.
  2. Lakukan dengan senang hati .Biasanya , anak-anak akan mudah menghafal kalau kondisi hatinya dalam keadaan senang. Misalnya , sampaikan dengan tebak-tebakan atau sambil menyanyi.
  3. Ketika anak sudah bisa membaca, identifikasi jenis dasn materi hafalan. Usahakan memahami maksud materinya , karena hal itu akan sangat membantu ketika akan menghafal nantinya.
  4. Tanddai kata-kata kunci . Caranya bisa dengan menggaris bawahi , dan menandainya dengan stabilo pen.
  5. Pilih waktu yang tepat . Masing-masing orang punya selera waktu yang berbeda , ada yang lebih menyukai waktu pagi hari , siang hari , atau malam hari.
  6. Step by step. Lakukan secara perlahan dan sistematis. Jangan berambisi untuk mengulang semua materi yang berhasil dihafal diakhir aktifitas menghafal.
  7. Pasang target waktu. Biasanya , rentang daya konsentrasi anak 2 kali usia anak tersebut. Jika usianya 7 tahun, minimal dalam 14 menit dia sudah harus hafal. Jika sampai berjam-jam , berarti ada masalah dengan daya tangkap si anak.
  8. Ulangi hafalan . Ada pepatah lama mengatakan , "Hafal jalan karena dilalui, hafal kaji karena diulang."
Nah, sekian dulu tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar