Selasa, 10 Juli 2012

Tips dan Trik dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan

Setelah saya membuat postingan Tips Menghafal Secara Efektif dan Efisien , saya kembali memberi anda Tips dan Trik dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan . Langsung saja di bawah ini beberapa Tips dan Trik dalam Menghafal dan Menjaga Hafalan :
  1. Niat dan Tulus lillahi ta'ala : Hal sepele bagi sebagian orang tapi merupakan point terpenting dengan meniatkan segalanya hanya unutuk Allah SWT. Alasannya karena niatlah yang membedakan antara ibadah dengan pekerjaan biasa.
  2. Berwudhu : Bersuci dengan cara berwudhu selain dapat membangkitkan semangat kita juga dapat menjauhkan kita dari godaan syetan yang terkutuk.
  3. Membaca materi berulang-ulang : Bacalah materi yang akan dihafalkan secara berulang-ulang , cermati hingga tidak ada satu katapun yang tertinggal.
  4. Memahami dan menguasai materi sedalam mungkin : Pemahaman menjadi point penting dalam menghafal karena ia dapat membantu anda menemukan materi yang terlupa di saat menghafal.
  5. Menghafalkan materi di saat-saat yang tenang : Proses menghafal sering tidak maksimal dikarenakan kondisi otak yang lelah dengan beragam aktifitas. Waktu yang tepat digunakan untuk menghafal biasanya sebelum dan sesudah subuh, dimana kondisi otak masih segar dengan suasana yang hening.
  6. Menulis materi yang telah dihafalkan : Tulislah hasil hafalan anda berikut tulisannya . Karena ilmu dan tulisan bak perekat satu sama lain.
  7. Menyetorkan atau meminta orang lain untuk menyimak materi yang telah dihafalkan : Ajaklah teman atau siapa saja untuk menyimak dan menilai hasil hafalan anda. karena sebagian orang sering salah atau kurang teliti dalam menghafal.
  8. Mengamalkan materi : Amalkan ilmu yang telah didapat. Pertama kepada diri sendiri lalu kepada orang lain.
Semoga dengan Tips dan Trik ini anda dapat menghafal dan menjaga hafalannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar