Jumat, 29 Juni 2012

Tips Memilih Sekolah untuk Anak

Tentunya setiap Orangtua menginginkan sekolah yang terbaik untuk anaknya , namun kebanyakan Orangtua tidak tahu bagaimana cara memilih sekolah yang terbaik untuk anaknya . Nah di sini saya memiliki cara untuk dapat memilih sekolah terbaik untuk anaknya , di bawah ini beberapa cara untuk memilih sekolah terbaik :
  1. Membuat daftar sekolah, daftar ini akan mempermudah orangtua memilih sekolah yang menjadi prioritas dan lebih fokus pada sekolah yang dituju.
  2. Biaya. Sesuaikan dengan kantong. Jangan sampai berhutang atau menjual barang-barang produktif demi sekolah unggulan. Padahal, Sekolah yang di bawahnya masih memungkinkan untuk sang anak.
  3. Lokasi sekolah Pilihlah sekolah yang tidak terlalu jauh. Selain tidak merepotkan orangtua , juga bisa menghemat ongkos transportasi.
  4. Program sekolah. Tanyakan juga kepada sekolah bagaimana visi dan misi sekolah , apakah sesuai dengan visi dan misi pendidikan dalam keluarga.
  5. Tenaga pengajar.Carilah sekolah yang kreatif dalam mendidik anak . Biasanya sekolah seperti ini gurunya juga kreatif.
  6. Fasilitas. Perhatikan apakah sekolah tersebut memiliki fasilitas standar yang dibutuhkan anak didik. Karena fasilitas ini akan memberikan motivasi tersendiri bagi sang anak dalam lingkungan sekolah.
  7. Referensi. Jangan ragu dan malu untuk bertanya kepada teman tentang situasi dan kondisi sekolah tertentu. Informasi ini sangat berarti untuk menentukan pilihan.
  8.  Bicarakan dengan anak . Anak-anak seusia SD,SMP,SMA biasanya sudah punya pendapat sendiri. Orangtua sebaiknya mendengarkan dan menampung pendapatnya untuk bahan pertimbangan .
  9. Berdoa. Setelah berusaha mencarikan yang tepat, jangan lupa memohon petunjuk kepada Allah SWT untuk menentukan pilihan sekolah.
Semoga Tips ini membantu anda menemukan Sekolah yang terbaik bagi anak anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar