Senin, 24 Desember 2012

Multikhasiat Daun Antanan

Asslamaualaikum, Salam Blogger. Di Akhir tahun ini saya akan memberikan ulasan mengenai Multikhasiat Daun Antanan.
Seiring semakin mahalnya biaya pengobatan di Rumah sakit dan mahalnya obat kimiawi, masyarakat banyak yang beralih ke pengobatan tradisional , khususnya obat herbal yang pada zaman dahulu digunakan untuk mengobati aneka macam penyakit. Dengan berbagai macam alasan, banyak orang memanfaatkan herbal untuk pengobatan. Salah satunya adalah Daun Antanan.
Daun Antanan atau daun kaki kuda banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan beberapa penyakit, baik penyakit dalam maupun penyakit luar seperti penyakit kulit. Tanaman yang banyak tumbuh di tepi jalan dan pematang sawah ini antara lain memiliki khasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki ; meningkatkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh ; serta menurunkan gejala stres dan defresi.
Selain itu,Daun Antanan bersifat mendinginkan , memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing, penurun panas, menghentikan pendarahan, meningkatkan syaraf memori, antibakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Sedangkan saponin yang terdapat dalam daun antanan dapat menghambat terjadinya kaloid pada luka.
Selain dijadikan sebagai obat herbal, tanaman yang tumbuh di daerah Asia tropik ini juga bisa digunakan sebagai lalapan. Daun Antanan  yang kering juga dapat dimanfaatkan sebagai teh, dan ekstraknya dapat dibuat kapsul atau juga diolah menjadi krem, salep, obat jerawat atau body lotion.
Antanan juga mengandung thankuniside, isothankuniside, medecassoside, brahmoside, brahmicacid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi.
Tumbuhan yang tumbuh sepanjang tahun ini memiliki dua jenis : Antanan merah dan Antanan hijau. Antanan Merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Antanan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai rhizoma (rimpang pendek). Sedangkan antanan hijau biasa dijumpai didaerah persawahan dan di sela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh antanan hijau yaitu tempat agak lembab dan terbuka atau agak ternaungi.
Banyak khasiatnya bukan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar